Real Madrid Pulang dengan Tangan Hampa dari Eibar

Suara.com – Real Madrid pulang dengan tangan hampa tanpa poin dari kandang Eibar. Hal itu menyusul kekalahan telak 0-3 di Stadion Ipurua, Spanyol, Sabtu (24/11/2018) malam WIB.

Kekalahan tersebut jadi yang perdana bagi pelatih Real Madrid, Santiago Solari, sejak menggantikan Julen Lopetegui pada 30 Oktober lalu.

Tuan rumah Eibar langsung berinisiatif melancarkan serangan. Tim papan tengah La Liga Spanyol ini nyaris saja unggul cepat pada menit ketiga. Sayang, tembakan Kike masih dimentahkan tiang gawang.

Dua menit berselang, Gareth Bale berhasil menyarangkan bola ke gawang Eibar. Namun, gol tersebut dianulir lantaran legiun asal Wales itu lebih dulu dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Marcelo.

Pada menit 11, Madrid kembali memperoleh peluang emas saat Karim Benzema menerima umpan dari Marco Asensio. Namun, bola sepakannya yang sudah melewati kiper Asier Riesgo berhasil dihalau di garis gawang oleh Cote.

Petaka bagi Real Madrid dimulai pada menit 16. Lewat sebuah serangan balik yang cepat, Gonzalo Escalante menyambar bola rebound hasil tendangan Kike yang gagal dihalau sempurna oleh penjaga gawang Thiabaut Courtois.

Gelandang Eibar, Gonzalo Escalante (tengah), merayakan golnya ke gawang Real Madrid di Stadion Ipurua, Spanyol, Sabtu (24/11/2018), dalam lanjutan La Liga Spanyol. [AFP/Ander Gillenea]Gelandang Eibar, Gonzalo Escalante (tengah), merayakan golnya ke gawang Real Madrid di Stadion Ipurua, Spanyol, Sabtu (24/11/2018), dalam lanjutan La Liga Spanyol. [AFP/Ander Gillenea]

Wasit Juan Martinez sempat menonton VAR (video assistant referee) sebelum mengesahkan gol tersebut dan membawa Eibar unggul 1-0 atas Real Madrid.

Skor untuk keunggulan tim besutan Jose Luis Mendilibar tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua baru berjalan tujuh menit, Eibar berhasil menggandakan keunggulan lewat gol Sergi Enrich.

Berawal dari kesalahan Toni Kroos saat melakukan umpan silang di areanya sendiri, bola direbut Marc Cucurella dari kaki Alvaro Odriozola, sebelum dikirimkan kepada Enrich yang melakukan satu sentuhan kecil sebelum menaklukkan Courtois.

Lima menit berselang, mimpi buruk Solari bersama Madrid kian nyata. Umpan silang dari Cucurella berhasil diteruskan oleh Enrich kepada Kike yang tak kesulitan menyarangkan bola ke gawang Courtois.

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, berada di bangku cadangan saat klubnya menghadapi tuan rumah Eibar di Stadion Ipurua, Spanyol, Sabtu (24/11/2018), dalam lanjutan La Liga Spanyol. [AFP/Ander Gillenea]Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, berada di bangku cadangan saat klubnya menghadapi tuan rumah Eibar di Stadion Ipurua, Spanyol, Sabtu (24/11/2018), dalam lanjutan La Liga Spanyol. [AFP/Ander Gillenea]

Unggul tiga gol tak membuat Eibar mengendurkan tekanan. Mereka nyaris mencetak gol keempat jika saja tendangan Fabian Orellana tak mampu diselamatkan oleh Courtois pada menit 62.

Courtois kembali harus berjibaku menahan gempuran bola yang coba masuk ke gawangnya, dengan menghalau tembakan voli pemain pengganti Charles pada menit 77.

Para pemain Eibar merayakan kemenangan mereka atas tim tamu Real Madrid di Stadion Ipurua, Spanyol, Sabtu (24/11/2018), dalam lanjutan La Liga Spanyol. [AFP/Ander Gillenea]Para pemain Eibar merayakan kemenangan mereka atas tim tamu Real Madrid di Stadion Ipurua, Spanyol, Sabtu (24/11/2018), dalam lanjutan La Liga Spanyol. [AFP/Ander Gillenea]

Skor 3-0 untuk kemenangan Eibar bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Hasil ini membuat Eibar naik ke posisi ketujuh klasemen sementara La Liga Spanyol, atau satu strip di bawah Real Madrid.