Southgate Beberkan Kunci Kemenangan Inggris atas Spanyol di UEFA Nations League

Suara.com – Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate memuji keberanian yang dipertontonkan para pemainnya dalam laga kontra Spanyol, Selasa (16/10/2018).

Sebagaimana diketahui, dalam laga yang berlangsung di Estadio Benito Villamarin, Inggris menang dengan tiga gol berbalas dua. Di babak pertama, strategi Southgate menyibukkan para pemain Spanyol di lini tengah terbukti efektif.

Lewat passing dan umpan panjang, tiga gol berhasil dilesakkan ke gawang La Furia Roja yang dikawal David De Gea. Dua dari Raheem Sterling dan satu dari Marcus Rashford.

Sementara dua gol balasan Spanyol di babak kedua masing-masing dicetak oleh Paco Alcacer dan Sergio Ramos.

“Kualitas pertandingan sangat bagus, kami bermain dengan penuh keberanian. Kami berani saat memegang bola karena ketika datang ke sini, kami juga harus bertahan selama 90 menit. Beruntung kami mendapat hasil (positif),” kata Southgate usai pertandingan.

Pemain Inggris Raheem Sterling menjebol gawang Spanyol dalam laga yang berlangsung di Estadio Benito Villamarin, Selasa (16/10/2018) [AFP]Pemain Inggris Raheem Sterling menjebol gawang Spanyol dalam laga yang berlangsung di Estadio Benito Villamarin, Selasa (16/10/2018) [AFP]

“Kami berbicara soal ancaman tiga pemain (Spanyol), tapi yang harus dimiliki para pemain (Inggris) adalah percaya diri yang menggiring bola ke daerah mereka (menyerang). Benar jika dikatakan (dengan strategi itu) kami berisiko kehilangan bola saat menembus pertahanan mereka dengan passing-passing jauh. Tapi di sisi lain, jika itu berhasil maka kami akan menjadi sangat berbahaya dalam serangan balik. Kualitas dan keberanian di pertandingan itu sangat indah,” jelasnya seperti dilansir Scoresway.

Bagi Southgate kemenangan atas Spanyol tidak hanya membuktikan perkembangan permainan timnya. Akan tetapi, strategi penuh keberanian yang berhasil diaplikasikan oleh Harry Kane dan kawan-kawan di Villamarin diharapkan Southgate bisa dijadikan referensi permainan The Three Lions di masa yang akan datang.

“Piala Dunia adalah pengalaman berharga bagi kami, tapi kami harus tetap berkembang. Kemenangan atas Spanyol dan hasil imbang atas Kroasia, menandakan kami sudah lebih baik. Ini sebuah langkah yang besar,” ujar pelatih 48 tahun.

“Kami memiliki banyak pemain muda di luar sana, dan cara kami bermain akan menjadi referensi yang bagus di masa mendatang. Yang terpenting para pemain muda menikmati berseragam The Three Lions dan bisa merasakan permainan yang kami inginkan. Dari sini mereka harus terus maju,” pungkasnya.

Striker Inggris Raheem Sterling (kanan) merayakan golnya ke gawang Spanyol di UEFA Nations League di Benito Villamarin, Sevilla. CRISTINA QUICLER / AFPStriker Inggris Raheem Sterling (kanan) merayakan golnya ke gawang Spanyol di UEFA Nations League di Benito Villamarin, Sevilla. CRISTINA QUICLER / AFP

Duel di Villamarin merupakan pertemuan kedua Inggris dan Spanyol di ajang UEFA Nations League. Sebelumnya pada 8 September lalu, kedua tim juga berhadapan di turnamen yang sama.

Namun dalam laga yang berlangsung di Wembley, Inggris takluk 2-1. Dua gol Spanyol dicetak Saul Niguez dan Rodrigo, sementara satu gol balasan Inggris lahir dari aksi Marcus Rashford.