Debut Langsung di Timnas Senior, Alfath Fathier Lega Tampil Bagus

Suara.com – Fullback muda Madura United, Alfath Fathier akhirnya menjalani debut bersama dengan Timnas Indonesia. Hebatnya, pemain berusia 22 tahun itu langsung melakoni debut bersama timnas senior, sebagaimana ia sebelumnya belum pernah memperkuat Garuda di level junior mana pun.

Alfath tampil saat timnas senior Indonesia melibas Myanmar 3-0 pada laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (10/10/2018). Ia bermain di pos fullback kiri selama 80 menit. Laga uji coba ini sendiri merupakan persiapan kedua tim jelang turun di Piala AFF 2018, yang akan dihelat pada ‎8 November hingga 15 Desember.

Alfath sendiri mendapatkan ‘berkah’ lantaran absennya Rezaldi Hehanusa. Pemain Persija Jakarta memang harus menepi lantaran cedera. 

“Debut di timnas, langsung di (level) senior, aku senang sekali bisa dipercaya tampil dari awal sebagai starter. Mungkin juga bisa kasih yang terbaik. Mungkin lawan Hong Kong (pada laga uji coba berikutnya pekan depan) kalau dipercaya lagi bisa lebih keluarin kemampuan,” tutur Alfath. 

Sang pemain mengaku tetap enjoy meski ini pertama kali baginya mengenakan jersey Timnas Indonesia. Ia pun langsung siap ketika diberitahu pelatih interim Indonesia, Bima Sakti untuk turun sebagai starter di pertandingan melawan Myanmar. 

“Pertama kali dikasih tahu pas malam sebelum tanding, kalau saya bakal main. Coach Bima yang bilang. Alhamdulillah nggak grogi. Groginya mungkin waktu pertama kali latihan saja,” ungkap Alfath.

“Dari kemarin, semua pemain support Alfath buat main. Alhamdulillah bisa main seperti yang diharapkan,” imbuhnya.

Alfath menambahkan, ia ke depannya ingin sering berkomunikasi dengan rekan-rekannya di timnas. Sebab, ia ingin pengalaman yang berharga ini tidak disia-siakan.  

“Febri Haryadi, Facchrudin Aryanto dan semua senior lainnya sering memberikan masukan kepada Alfath,” pungkasya.