Pilih Alfath Ketimbang Rezaldi, Ini Alasan Bima

Suara.com – Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar pada partai uji coba yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (10/10/2018). Pada uji coba itu, skuat Garuda menang telak dengan skor 3-0.

Dalam laga uji coba tersebut, ada yang berbeda dari starting line up timnas Indonesia. Nama Rezaldi Hehanusa yang dalam beberapa tahun terakhir mengisi barisan belakang, tidak dicantumkan oleh pelatih interim timnas Indonesia Bima Sakti.

Bima memilih memasang pemain debutan, Alfath Fathier. Alasan Bima cukup sederhana. Rezaldi tengah mengalami cedera tumit sehingga harus diistirahatkan.

Menggantikan peran Rezaldi, performa Alfath tidak mengecewakan. Berposisi sebagai bek kiri, sang pemain sering merepotkan lini bertahan Myanmar ketika naik membantu menggedor pertahanan lawan.

“Dia Alfath punya prospek. Di sebelah kiri kita punya Alfath dan juga Rizki Pora, ini memang menjadi prospek buat dia ke depan. Sementara Rezaldi sengaja tidak kita pasang karena ada cedera tumit,” kata Bima dalam jumpa pers usai pertandingan.

“Alfath menunjukkan performa bagus, menyerang dan bertahan sangat baik. Semoga dia bisa lebih baik lagi ke depannya,” tambahnya.

Setelah melawan Myanmar, skuat Garuda dijadwalkan kembali beruji coba dengan Hong Kong pada 16 Oktober 2018 di Stadion Wibawa Mukti. Dua uji coba ini merupakan persiapan Pasukan Merah Putih menghadapi Piala AFF 2018 yang akan berlangsung November mendatang.

Pada turnamen itu, Indonesia berada di Grup B bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.