GM dan FCA Bertarung untuk Kendaraan Militer

Suara.com – AM General yang tenar karena melansir kendaraan militer High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) atau Humvee mengabarkan bakal menjual perusahaannya. Ada dua kandidat terkuat siap meminangnya, yaitu Fiat-Chrysler Automobiles (FCA) serta General Motors (GM).

Dilansir MotorAuthority dariĀ Reuters, selain kedua nama itu, GM dan FCA, muncul sederet pesaing. Seperti BAE Systems, General Dynamics, serta Oshkosh Corporation.

AM General memproduksi Humvee berspesifikasi militer dan pada 1992 mengenalkan H1 yang ditujukan bagi pasar sipil. Kemudian sekitar tujuh tahun kemudian menjual hak merek kepada GM.

Setelah produksi H1 di pabrik South Bend, Indiana, Amerika Serikat (AS), AM General mempersiapkan H2 berbasis Chevrolet Suburban yang masuk ke pasar sipil pada 2009. Sayangnya, pabrik kemudian digunakan untuk perakitan crossover Mercedes-Benz R-Class untuk memenuhi pasar otomotif Cina.

Humvee dalam sebuah operasi, sebagai ilustrasi [Shutterstock].Humvee dalam sebuah operasi, sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Persaingan antara FCA dan GM disebut-sebut seru, mengingat peluangnya sangat potensial, di saat Angkatan Darat AS tengah bersiap untuk memodernisasi pasukan dengan kendaraan tempur generasi baru yang bakal beroperasi pada 2022.

Namun perlu dicatat bahwa GM telah mengantongi keuntungan, karena telah mendirikan kembali GM Defense, sebuah unit produksi divisi pertahanan militer. Unit yang menandai kembalinya perusahaan ini ke bidang tempur ke pekerjaan pertahanan militer setelah pabrikan itu menjual unit pertahanannya ke General Dynamics pada 2003.

GM Defense adalah konseptor Chevrolet Colorado ZH2, juga Silent Utility Rover Superstructure (SURUS), yaitu sasis truk bertenaga sel baterai Hydrotec untuk Angkatan Darat AS, serta wahana kapal tanpa awak untuk Angkatan Laut AS.

Akankah GM memenangi pertarungan mengelola produksi Humvee di saat mendatang ataukah kesempatan jatuh ke tangan FCA? Tunggu saja kelanjutan penawaran mereka kepada AM General.

Yosafat Diva Bayu Wisesa

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.